Selasa, 03 Maret 2015

Jual Kayu Gaharu

Agar bisa jual kayu Gaharu, tentunya kita pingin sekali punya kebun pohon gaharu.

Inilah Cara Budidaya Gaharu :
Antra lain ialah  kita harus siapkan :
IMG_20150224_080134Tentu saja kita mulai dari bagian penting, yaitu persiapan bibit gaharu yang berkualitas. Bibit gaharu berkualitas bisa anda dapatkan dari kami.  kami menyediakan dalam jumlah yang sangat banyak, anda bisa pesan, jangan segan untuk menghubungi kami menanyakan seputar stok bibit gaharu jenis Aquilaria Malaccensis, Bibit jenis ini memang sedikit susah membedakannya jika masih dalam polibag. Nanti jika memang anda memiliki kendala bibit, sementara .Bibit gaharu berkualitas tentu akan menghasilkan nilai tambah lagi pada masa inokulasi dan hasilnya.
Apa saja standarnya sebelum ditanam ? minimal bibit dalam keadaan sehat, tidak sedang terserang hama, memiliki minimal diameter 1 cm, secara fisik akar dari bibit tersebut belum menembus polibag.

Nah, jika anda sudah memiliki bibit yang siap tanam, siap tanam ini minimal tinggi pohon 20 sd 30 cm. Anda tentu saja akan bertanya, berapa pokok gaharu yang bisa ditanam untuk 1 hektare lahan ? Disini minimal jarak tanam adalah 3×3 Meter. Anda bisa mengunakan jarak tanam lainnya jika dirasa ini terlalu dekat/sempit. Jika memang anda memilik lahan 1 hektare, ini artinya luas lahan anda adalah 100m2, yang jika dikonversi kedalam meter ada 10.000 meter. Nah, jika memang jarak tanam yang anda gunakan 3×3 meter maka tinggal kita bagikan saja dengan hitungan 10.000 meter / 9 meter = 1.111 pohon gaharu. Wah, banyak sekali. Nah, untuk lahan tidak mencapai luas 1 hektare, tinggal diukur saja luasnya, dibagi luas jarak tanam.
Pembuatan lubang tidak ada standar khusus, kecuali yang biasa dilakukan yaitu lubang digali maksimum 1 bulan sebelum bibit ditanam atau dalam kurun waktu minimal 2 minggu. Apa tujuan dari ini ? tentu saja agar tekstur dan struktur tanah menjadi lebih subur sehingga akar muda dari bibit mampu menyesuaikan kondisi perubahan struktur tanah dari polibag. Diusahakan agar tanah galian digemburkan pada saat persiapan lubang. 30x30x30 Merupakan ukuran yang standar dalamnya lubang, anda bisa menyesuaikan dengan tinggi bibit gaharu anda. Jangan sampai batang bibit kayu gaharu anda tertanam terlalu dalam.
Adakah diantara teman-teman yang merekomendasikan pemberian pupuk didalam lubang ? jika ada silahkan dicoba dan tanyakan pupuk jenis apa yang cocok dengan tesktur tanah yang ada ditempat anda. Jika anda berada dipesisir pantai, kemudian ingin mencoba menanam gaharu diatas tanah yang tergenang air lebih dari 12 jam, kami berharap urungkan saja niat anda karena hal ini akan sia-sia dan bisa saja merugikan anda.
Rekomendasi pemberian pupuk organik bisa saja dilakukan bahkan ini bisa dibilang penting, 3 sd 5 kg pupuk organik sangat dianjurkan untuk mempercepat laju pertumbuhan bibit. Bagi anda yang ingin menambahkan pupuk jenis NPK bisa menggunakan dosis 20-30 gram perlubang. Untuk tipe tanah yang tingkat keasamanya <5 (kecil dari 5) bisa anda tambahkan kapur dolomit 100gram setiap lubang.
Bibit Gaharu AquiriaUntuk menjaga tanaman agar tetap aman dan terlindungi dari sinar matahari serta mengurangi penguapan air yang berlebihan maka anda bisa memberikan naungan agar bibit tidak terkena sinar matahari langsung. Bisa saja anda gunakan jerami atau ditutup menggunakan daun yang berukuran lebar. Sebuah sumber menyatakan bahwa waktu yang tepat untuk penanaman yaitu diantara pertengahan musim penghujan.
Bagaimana dengan kondisi bahwa anda menanam gaharu disela-sela tanaman budidaya lain  ? hal ini tidak terlalu diperhatikan.
5. Perawatan umum
Anda bisa memberikan pestisida dalam bentuk kimia atau pestisida organik. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menjaga tanaman anda dari serangan hama yang biasa menggangu. Terutama pada musim kemarau. Daun gaharu sangat disukai hama ulat (Lepidoptera sp) Jika hal ini terjadi, anda bisa berikan isektisida kimia yang direkomendasikan toko pertanian. Karena jika tidak, pohon gaharu anda akan sangat kehilangan daun dari pangkal hingga pucuk dan kemudian mati.
Sumber Andri wahyudi
Alamat Indralaya Palembang.
Untuk pemesan / Nego, bisa hubungi Nomor :
Adien    : 0813 7793 9368
IMG_20141201_104824
IMG_20150224_080142IMG_20150224_080326IMG_20150225_180210IMG_20150225_180301

Tidak ada komentar:

Posting Komentar